Kritik Saran dan Pengaduan Masyarakat Via SMS Center 087833311200

Kritik Saran dan Pengaduan Masyarakat Via SMS Center 087833311200

Sejak tahun 2007 lalu SMS Center Pemkab Grobogan telah ada, namun animo masyarakat untuk menyampaikan kritik saran dll, terhadap kinerja birokrasi melalui SMS Center tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan, pada hal pihaknya telah melakukan sosialisasi, papar Machasin Nur Ubaidi, S STP Msi, Kasubag Pengelolaan & Penyaringan Informasi, Humas Setda Grobogan.

Berdasarkan catatan dari petugas SMS Center Arif Pambudi dan Teguh Santoso, bahwa apabila dirata-rata dalam 1 bulan ada sebanyak 10 hingga 15 SMS yang masuk setiap hari, isinya kritik saran, pengaduan, pungutan, pelayanan publik, masalah jalan dll, SMS yang masuk tersebut tergolong relatif sedikit, kata Machasin kepada Gema Bersemi.

Dari seluruh SMS Center yang masuk, paling banyak adalah mengkritik/menyoroti tentang kondisi jalan yang rusak, kemudian pengaduan masyarakat, persoalan pelayanan publik pada dinas/instansi tertentu. Mengenai kritik masyarakat terhadap kondisi jalan, umumnya mereka belum bisa membedakan mana jalan provinsi dan mana jalan kabupaten, akan tetapi semua laporan tersebut tetap diinventarisasi dan kemudian diteruskan secara online ke meja kerja Bupati, ke Wakil Bupati dan Sekda.

Pengaduan masyarakat ini selanjutnya akan diteruskan/disampaikan ke SKPD yang bersangkutan sesuai dengan tujuan SMS, untuk ditindaklanjuti dan daftar SMS yang masuk tersebut juga akan dipublikasikan di website Pemkab Grobogan dengan alamat : www.grobogan.go.id

Harapan Machasin, dengan adanya SMS Center tersebut masyarakat dapat menyampaikan aspirasi secara langsung ke Bupati atau ke Wakil Bupati melalui SMS Center ini untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, ungkapnya.(ARF)